Penyebab Menopause Dini

Penyebab Menopause Dini – Istilah menopause wanita merupakan berhentinya haid yang permanen selama paling sedikit setahun, yang merupakan akhir dari masa reproduksi wanita. Sebenarnya menopause merupakan hal yang normal terjadi pada wanita, pada usia 54-58 tahun. Namun wanita umur 30-40 tahun pun bisa mengalami menopause yang disebut dengan istilah menopause dini.

Penyebab Menopause Dini

Penyebab Menopause Dini

Menopause normal, menstruasi berhenti secara fisiologis ovarium tidak lagi memberikan respons terhadap sinyal hormon di dalam tubuh (54-58 tahun) Penyebab Menopause Dini berhentinya menstruasi pada umur 30-40 tahun. Menopause dini datang pada saat wanita berada di usia reproduksi. Dapat terjadi pada wanita yang memiliki riwayat keluarga menopause dini, mengalami operasi pengangkatan ovarium , menjalani terapi kanker seperti radiasi atau kemoterapi yang merusak ovarium, atau karena status gizi dan penyakit tertentu.

Wanita yang akan mengalami menopause akan merasa beberapa gangguan pada masa peralihan (primenopause). Menopause merupakan peristiwa alami dalam siklus kehidupan wanita menghadapi tahap tersebut, tetapi ada juga yang justru menunggu-nunggu akan datanganya menopause. Rasa takut timbul karena anggapan yang salah kaprah bahwa menopause merupakan tanda berakhirnya rasa tertarik aktivitas seksual seseorang, hal ini akan berdampak secara psikologis, intinya mereka merasa sudah tidak muda lagi.

Sedangkan bagi mereka yang dengan suka cita menghadapi masa tersebut menganggap menopause adalah suatu fase hidup yang perlu disikapi secara positif. Mereka merasa sudah bterbebas dari kesempatan melahirkan dan rasa sakit pra menstruasi.

Penyebab menopause dini pada wanita bisa disebabkan karena hal dibawah ini :

  1. Kromosom cacat
    Salah satu hal yang menjadi penyebab menopause dini adalah karena kromosom yang ada di dalam tubuh yang mempunyai suatu kelainan. Misalnya sebagai contoh adalah wanita yang mempunyai sindrom Turner yang terlahir dengan kromosom X yang tidak sempurna. Kemudian ovarium tidak akan bisa berbentuk dengan normal dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya menopause dini.
  2. Faktor keturunan atau genetika.
    Wanita dengan riwayat hidup dan riwayat keluarga yang mempunyai faktor menopause dini mungkin juga akan mengalami hal ini.
  3. Penyakit autoimun
    Karena sistem kekebalan tubuh yang imunitas yang biasanya melakukan perlawanan dengan penyakit dengan cara berlebihan keliru biasanya menyerang ovarium dan juga menghambat dari terjadinya pembentukan hormon di dalam tubuh, hal ini biasanya dialami oleh wanita yang mempunyai penyakit Tyroid atau juga Rheumatoid arthritis, dua jenis penyakit ini bisa menyebabkan sistem imunitas wanita menjadi lebih aktif.
  4. Kemoterapi
    Penyembuhan penyakit kanker dengan kemoterapi. Pengobatan penyakit kanker dengan melakukan kemoterapi pada penyakit kanker. Perawatan ini bisa mengalami suatu kerusakan pada ovarium dan bisa menyebabkan masalah menstruasi pada wanita menjadi berhentu. Dan suatu kesulitan untuk bisa hamil akan sangat besar terjadi sampai beberapa bulan kemudian. Dan suatu kemungkinan untuk bisa mengalami gejala menopause tergantung dari jenis dan juga dosis kemoterapi yang biasanya digunakan. Wanita yang lebih muda akan lebih rendnah kemungkinan untuk mengalami menopause.
  5. Pembedahan untuk bisa mengangkat ovarium
    Operasi yang dilakukan dengan cara pengangkatan kedua indung telur, yang biasanya disebut dengan bilateral oophorectomy yang bisa menyebabkan terjadinya menopause dengan lebih cepat. Dan siklus haid pada seorang wanita akan berhenti jika selesai menjalani operasi ini, dan kemudian hormonnya akan menurun dengan cepat. Setelah itu wanita akan mengalami masa perimenopause, penderita biasanya akan merasakan rasa panas dan akan berkeringat di malam hari serta detak jantungnya yang lebih cepat dibandingkan biasanya. Hal ini bisa terjadi 2-30 menit dalam setiap kali terjadi. Selain itu akan mengalami gairah seksual yang menurun.
  6. Pembedahan untuk mengangkat rahim
    Penyebab menopause dini juga bisa disebabkan karena histerektomi. Beberapa wanita yang menjalani histerektomi ini atau pengangkatan rahim serta uterus atau kandungan masih bisa mempertahankan idnung telur. Mereka tidak akan memasuki masa menopause dini akibat dari indung telur yang masih bisa memproduksi hormon. Namun, karena rahim yang sudah diangkat, mereka menjadi tidak mempunyai siklus haid dan menjadi tidak bisa hamil lagi. Mungkin juga wanita akan merasakan gejala menopause berupa hot flashes, karena operasi ini terjadi kadang mempengaruhi asupan darah menuju ke ovarium. Mereka yang akan mengalami masa menopause selama 1 atau dua tahun lebih awal dibandingkan yang seharusnya.

Jika Anda sudah mengalami masa periode siklus haid yang berubah sebelum memasuki usia 40 tahun, maka sebaiknya Anda menemui dokter Anda. Penyebab dari hal ini terjadi mungkin saja karena menopause dini. Ada suatu kemungkinan bahwa Anda juga mempunyai masalha pada kesehatan yang harus diobati atau juga mungkin Anda hamil.

Itulah informasi mengenai menopause dini dan penyebab menopause dini. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Penyebab Menopause Dini


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Dini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>