Menopause Dini Pada Wanita

Menopause dini pada wanita adalah menopause yang terjadi pada wanita yang terlalu cepat. Hal ini menyebabkan suatu kejadian yang menyedihkan pada wanita yang belum berkesempatan untuk mempunyai anak dan melahirkan anak. Biasanya menopause ini terjadi pada mereka yang berusia 40 tahunan, namun tidak menutup kemungkinan mereka yang masih berusia 20- 30 tahun bisa mengalami menopause dini ini.

Menopause Dini Pada Wanita

Menopause Dini Pada Wanita

Beberapa hal yang menjadi penyebab dari menopause dini pada wanita adalah karena kelainan yang terjadi pada bawaan, biasanya jika terjadi karena kelainan pada bawaan terjadinya kelainan pada kromosom. Penyakit autoimun yang terjadi atau sistem pertahan tubuh yang bisa menyerang sel-sel indung telur yang ada di dalam tubuh seorang wanita. Merokok juga bisa menyebabkan masalah menopause dini datang.

Gejala menopause dini pada wanita adalah tidak mengalami menstruasi atau mati haid, dan mengalami berbagai masalah dan gejala menopause lainnya misalnya adalah hot flashes atau semburan panas dari dalam leher rahim dan emosi yang terjadi secara labil.

Menopause yang alami adalah menopause yang terjadi pada usia 50 tahun. Namun yang terjadi pada menoapause dini ini terjadi lebih cepat. Penyebab lain dari terjadinya menopause dini pada wanita seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah karena Anda pernah menjalani histerektomi. Hal ini memang merupakan salah satu penyebab dari terjadinya menopause dini. Mengapa demikian? Karena jika ovarium diangkat, maka menopause akan terjadi dengan lebih cepat. Dan wanita tersebut yang melakukan pembedahan histerektomi akan mulai merasakan tanda dan gejala dari menopause di beberapa hari setelah melakukan histerektomi.

Penyebab lainnya adalah disebabkan karena salah seorang anggota kelauarga Anda pernah ada yang mengalami menopause dini juga. Hal ini bisa menentukan usia menopause seseorang juga. Namun,penyebab karena keturunan jarang terjadi pada mereka yang mengalami menopause dini. Hal ini terbukti berdasarkan suatu penelitian yang menunjukkan bahwa hanya 1  dari 20 wanita yang mengalamii menopause dini yang benar-benar mempunyai riwayat seperti yang dijelaskan tadi.

Kegagalan ovarium dini merupakan suatu menopause wanita yang terjadi sebelum wanita berusia 40 tahun. Penyebab menopause dini pada wanita hingga saat ini tidak diketahui namun ada kaitannya dengan suatu penyakit autoimun dan juga adanya faktor keturunan. Dan selain itu juga menopause dini bisa terjadi diakibatkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu dan juga karena operasi. Operasi yang dilakukan dengan mengangkat indung telur akan membuat terjadinya menopause dini pada wanita. Dan jika dilakukan operasi pengangkatan rahi atau histerektomi tanpa melakukan suatu pengangkatan indung telur maka gejala menopause prematur yang tidak akan terjadi akibat dari indung telur yang masih bisa untuk menghasilkan hormon. Dan selain itu juga, suatu terapi radiasi maupun dari terjadinya kemoterapi bisa menyebabkan menopause jika diberikan untuk wanita yang masih mengalami ovulasi untuk bisa mengeluarkan sel telur.

Untuk wanita yang mengalami masalah menopause dini maka mempunyai suatu gejala yang sama dengan gejala menopause pada umumnya misalnya adalah hot flashes atau juga suatu perasaan yang hangat diseluruh yang paling utama adalah terasa di bagian dada dan juga bagian kepala. Selain itu gejala menopause lainnya adalah gangguan emosi, vagina kering dan gairah seksual menurun. Wanita yang biasanya mengalami menopause dini mempunyais uatu kejadian pada keropos tulang yang lebih besar dari mereka yang mempunyai gejala menopause lebih lama. Dan kejadian ini biasanya meningkatkan angka dari kasus osteoporosis dan terjadinya patah tulang.

Menopause adalah suatu hal yang normal terjadi pada kehidupan seorang wanita disaat periode menstruasi mereka mulai berhenti. Dan seorang wanita yang sudah mencapai usia menopause maka dia tidak akan mendapatkan siklus haid atau menstruasi selama kurang lebih 12 bulan dengan berurutan dan tidak adanya suatu penyebab menopause lain untuk suatu perubahan yang terjadi. Dan selama menopause sedang berlangsung yang paling sering terjadi biasanya sekitar usia 45-55 tahun. Namun tubuh seorang wanita dengan perlahan akan membuat produksi hormon estrogen dan hormon progesteron di dalam tubuh wanita akan memunculkan berbagai gejala.

Terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah menopause dini pada wanita adalah karena menopause merupakan suatu hal yang normal dan merupakan suatu perjalanan hidup oleh seorang wanita dan bukanlah suatu penyakit yang harus diterapi atau disembuhkan. Gejala dari menopause dini sendiri biasanya sifatnya  hanya sementara sampai seseorang benar-benar berada pada masa menopause. Mengubah gaya hidup mungkin salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala menopause dini. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan dan paling penting adalah untuk mengurangi resiko dari terjadinya osteoporosis dan juga patah tulang pada wanita. Melakukan diet seimbang yang kaya akan serat dan mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Menopause Dini Pada Wanita


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Dini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *