Menopause Dini & Gejala

Menopause Dini & Gejala – Kegagalan ovarium prematur adalah menopause yang terjadi sebelum usia 40 tahun. Penyebabnya tidak diketahui namun mungkin berkaitan dengan penyakit autoimun atau faktor keturunan. Selain itu, menopause dini dapat terjadi karena obat-obatan atau operasi. Operasi pengangkatan indung telur(oophorectomy) akan mengakibatkan menopause dini.

Menopause Dini & Gejala

Menopause Dini & Gejala

Apabila dilakukan operasi pengangkatan rahim (histerektomi) tanpa pengangkatan indung telur maka gejala menopause dini tidak akan terjadi karena indung telur masih mampu menghasilkan hormon. Selain itu, terapi radiasi maupun kemoterapi dapat menyebabkan menopause bila diberikan pada wanita yang masih berovulasi (mengeluarkan sel telur).

Wanita yang mengalami Menopause Dini & Gejala  memiliki gejala yang sama dengan menopause  wanita pada umumnya seperti hot flashes (perasaan hangat di seluruh tubuh yang terutama terasa pada dada dan kepala), gangguan emosi, kekeringan pada vagina, dan menurunnya keinginan berhubungan seksual. Wanita yang mengalami menopause dini memiliki kejadian keropos tulang lebih besar dari mereka yang mengalami menopause lebih lama. Kejadian ini meningkatkan angka kejadian osteoporosis dan patah tulang.

Menopause Dini & Gejala yang dialami oleh wanita adalah :

  1. Perubahan yang terjadi pada periode menstruasi biasanya terjadi dengan gejala seperti memendek atau juga memanjang, dan lebih banyak atau juga lebih sedikit atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali dan siklus haid tidak lancar
  2. Hot flashes atau semburan panas
  3. Kekeringan pada vagina
  4. Gangguan susah tidur
  5. Perubahan pada suasana hati seperti depresi, stres, dan lebih cepat tersinggung
  6. Nyeri saat melakukan hubungan seksual
  7. Infeksi saluran kemih saat buang air kecil
  8. Inkontinensia pada urin atau tidak bisa menahan keluarnya air seni
  9. Tidak bergairah dalam melakukan hubungan seksual
  10. Peningkatan yang terjadi pada lemak di dalam tubuh disekitar punggung.
  11. Konsentrasi dan daya ingat menurun

Menopause Dini & Gejala dengan ditandai oleh hot flashes yang merupakan salah satu gejala menopause yang terjadi. Pada gejala menopause dini hampir sama dengan menopause alami. Hanya yang berbeda adalah usia saja. Hot flashes ini biasanya terjadi selama 30 detik dan bisa terjadi sampai beberapa menit dan bisa dibarengi dengan berkeringat di malam hari. Lingkungan yang panas, serta efek dari makanan dan juga minuman yang pedas serta makanan yang pedas, alkohol, makanan atau minuman yang mengandung kafein dan juga akibat stres yang bisa menyebabkan terjadinya hot flashes. Modifikasi dari gaya hidup, dengan melakukan olahraga secara teratur dan dengan meredakan cemas atau stres dan tekanan bisa membantu mengurangi gejala ini. Atau Anda bisa melakukan cara hubungi dokter jika memang memerlukan konsumsi obat antidepresi atau juga bisa melakukan terapi hormonal.

Vagina kering merupakan salah satu Menopause Dini & Gejala yang terjadi. Dan hal ini terjadi lebih tipis, lebih kering dan kurang elstis dibagian vagina yang disebabkan karena penurunan pada kadar estrogen di dalam tubuh. gejala dari menopause dini meruakan kering pada vagina dan juga gatal dibagian vagina, mengalami iritasi atau juga nyeri saat sedang melakukan hubungan seksual. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pelumas vagina yang banyak dijual bebas atau bisa juga dengan menggunakan krim sebagai pengganti dari estrogen yang digunakan dengan cara dioleskan pada vagina. Jika terjadi suatu pendarahan setelah menggunakan krim estrogen ini maka lekas hubungi dokter.

Susah tidur merupakan salah satu Menopause Dini & Gejala pada wanita. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan latihan fisik sebanyak 30 menit dalam sehari, namun sebaiknya hindarilah jenis olahraga yang dekat dengan waktu tidur Anda. Selain itu, hindarilah alkohol, kafein, dan juga makan dalam jumlah yang besar, dan bisa juga bekerja dengan tepat sebelum waktu tidur. Sebaiknya usahakan agar suhu kamar jangan sampai terlalu panas, karena hal ini akan memicu gangguan tidur malah semakin parah. Hindarilah waktu tidur siang dan cobalah untuk tidur serta bangun dalam waktu yang sama disetiap harinya. Anda bisa juga melakukan relaksasi seperti misalnya adalah melakukan meditasi sebelum tidur.

Infeksi saluran kemih merupakan gejala yang umum terjadi pada menopause wanita. Karena kadar estrogen yang rendah yang menyebabkan terjadinya penipisan pada jaringan dibagian kandung kemih dan bagian saluran kemih yang mempunyai akibat dari terjadinya penurunan pada kontrol serta kandung kemih atau juga mudahnya dari terjadi kebocoran pada air seni jika mengalami tekanan saat batuk, bersin, dan juga saat sedang tertawa berlebihan. Hal ini akan membuat otot menjadi lemah di sekitar kandung lemih. Dan bisa meningkatkan terjadinya resiko infeksi saluran kemih.

Cara mengatasi Menopause Dini & Gejala infeksi saluran kemih adalah dengan melakukan latihan kegel. Kontraksikan otot pada bagian panggul misalnya saat sedang mengencangkan dan juga mnutup vagina atau saat membuka anus. Tahanlah selama 2 hitungan kemudian regangkan atau relaksasikan. Tunggulah beberap detik dan ulangi lagi.

Menopause Dini & Gejala


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Dini. Bookmark the permalink.

One Response to Menopause Dini & Gejala

  1. anisa says:

    Min mau tanya aku boleh kah aku konsumsi menoherbs? Usia aq baru 17thn aq konsumsi obat pelangsing,tp uda 7 bulan aq gk haid,aq takut min ..:'( mohon dibalas yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *