Cara Mencegah Menopause Dini

Cara Mencegah Menopause Dini – Wanita yang mengalami menopause tidak hanya terjadi pada usia 45 tahn keatas. Namun menopause wanita juga dapat terjadi pada usia muda atau yang disebut dengan menopause dini. Mereka yang mengalami menopause dini umumnya dimulai usia 30 tahunan yang disebabkan oleh penuruna fungsi organ tubuh lebih cepat dari yang seharusnya.

Cara Mencegah Menopause Dini

Cara Mencegah Menopause Dini

Wanita yang berusia 30 tahun atau lebih dan sudah mengalami menopause tentunya menjadi suatu masalah yang cukup serius. Usia 30 tahunan, masih dapat dikatakan memiliki tingkat reproduktivitas yang masih aktif dan memiliki kemampuan seksual yang masih terbilang baik. Namun, wanita yang terlanjur mengalami menopause tak perlu khawatir, hal ini masih bisa diatasi dengan melakukan terapi hormon estrogen. Diharapkan dengan terapi ini mampu mengembalikan hormon estrogen yang telah berkurang dan keluhan seperti kulit keriput, payudara kendur, dan libido seks menurun, dapat diatasi.

Dengan terapi hormon estrogen ini, wanita yang telah menopause dini tetap bisa menikmati kehidupan layaknya usia muda. Keadaan ini akan menyenangkan suami juga. Sebab bila wanita masih bisa tampil cantik, tentu suami juga akan merasa senang. Hubungannya dengan seks, wanita masih bisa bergairah dan bersemangat melayani suami. Terapi ini bisa mulai dipilih saat haidnya mulai tidak teratur. Terapi ini juga tidak menyebabkan kanker payudara, hanya saja pemberiannya harus dibarengi dengan pemberian hormon progesteron. Dan sebaiknya dalam menggunakan terapi ini lebih dahulu konsultasi dengan dokter anda.

Selain itu ada cara lainnya dalam cara mencegah menopause dini dengan cara alami, diantaranya adalah :

1. Hindari makanan yang serba instan

Cara Mencegah Menopause Dini dengan menjauhi Makanan serba instan, seperti makanan siap saji yang tentunya tidak mengandung nilai gizi yang seimbang. Makanan siap saji umumnya mengandung kolesterol tinggi dalam makanan dan menurunkan kebugaran.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen

Makanan yang mengandung fitoestrogen umumnya mudah ditemukan pada jenis buah-buahan seperti pepaya, bengkoang, teh hijau, kacang kedelai. Selain itu juga mudah di dapat dari gandum, wijen, biji bunga matahari dan kacnag tunggak.

3. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan dan membiasakan hidup sehat dengan tidak merokok, tidak minum-minuman beralkohol, bersoda dan cukup istirahat.

4. Olahraga teratur

Selain membuat tubuh segar, olahraga teratur juga melancaarkan peredaran darah, menguatkan tulang dan membantu produksi hormon. Pilihlah olahraga sesuai kemampuan, seperti senam, joging atau lari pagi.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Cara Mencegah Menopause Dini Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung cukup banyak fiber atau serat untuk menjaga kesehatan dan sebagai antioksidan alami dalam mencegah penuaan dini atau menpause.

Biasanya pada kasus menopause dini baru bisa dipastikan jika mereka mengalami menstruasi yang berhenti selama 12 bulan atau setahun secara berturut-turut. Untuk membantu menentukan apakah adanya suatu kemungkinan untuk memasuki masa menopause, maka dokter akan menanyakan apakah Anda sudah merasakan tanda-tanda atau gejala menopause seperti hot flashes, menstruasi yang tidak lancar, susah tidur, dan vagina kering. Namun, gejala menopause ini juga tidak cukup untuk memastikan bahwa anda sudah mengalami masa menopause wanita.

Hal yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes darah untuk membantu mengukur hormon estrogen di dalam tubuh misalnya adalah seperti follicle stimulating hormone atau FSH. FSH bisa membantu Anda untuk menentukan apakah Anda mengalami menopause dini atau tidak. Walaupun kadar dari hormon bisa berubah setiapharinya, namun Anda bisa memilih untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut serta melakukan tes yang dilakukan lebih dari sekali untuk membantu mengetahui dengan lebih pasti apakah Anda masih bisa hamil.

Menopause dini pada wanita biasnaya akan memberikan tekanan psikis pada mereka yang akan membuat mereka menjadi lebih mudah marah dan tersinggung. Dan jika Anda menjadi orangtua, maka bicaralah pada dokter mengenai pilihan lainnya, misalnya adalah donor indung telur atau juga melakukan adopsi. Dokter biasanya akan berbicara atau menyarankan kepada Anda untuk berdiskusi kepada infertility specialist. Dan Anda juga bisa melakukan pemeriksaan atau konsultasi pada psikiater mengenai perasaan yang menyakitkan ini dan kehilangan kesuburan serta efek yang lainnya yang Anda alami setelah masa menopause dini datang.

Karena menopause merupakan suatu hal yang alami terjadi dan normal. Namun untuk kasus menopause dini memang merupakan suatu hal yang diluar ketidaknormalan dan Anda bisa melakukan cara mencegah menopause dini pada wanita. Menopause merupakan proses alami yang akan terjadi pada setiap wanita sampai pada batas waktu yang mungkin akan berbeda. Sebaiknya dekatkan diri pada Tuhan, karena hanya Dia-lah yang mengatur semuanya dan mempunyai takdir. Syukuri apa yang Anda miliki saat ini.

Cara Mencegah Menopause Dini


=====================================

>>> Menoherbs Mengatasi Pra Menopause Dini, Menopause dan Post Monopause, Serta Menjaga Keindahan Tubuh Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menopause Dini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>